Materi Ekonomi yang sering muncul di Soal ujian

Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran dalam memenuhi kebutuhan. Tujuan mempelajari ilmu ekonomi yaitu agar setiap tindakan manusia dalam memenuhi kebutuhannya dapat mencapai kemakmuran. Tugas dari ilmu ekonomi sendiri yaitu untuk menerangkan peristiwa-peristiwa kemasyarakatan yang berhubungan dengan usaha-usaha manusia dalam memperoleh kemakmurannya. Masalah ekonomi yaitu kebutuhan yang tidak terbatas sedangkan alat pemuas kebutuhan sangat terbatas. Ada juga masalah ekonomi modern diantaranya

what : Barang apa yang hendak diproduksi ?

Who : Untuk siapa barang itu diproduksi ?

How : Bagaimana memproduksinya ?

Ilmu ekonomi terbagi menjadi dua:

1. Ekonomi Mikro yakni ilmu ekonomi yang secara khusus mempelajari bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian, misal perilaku produsen dan konsumen, permintaan, penawaran, mekanisme pasar.

2. Ekonomi Makro yakni ilmu ekonomi yang kajiannya tentang masalah-masalah ekonomi secara keseluruhan (agregatif), misal pendapatan nasional, inflasi, kesempatan kerja, kebijakan moneter, dan fiskal, kurs valas.

Sistem Ekonomi

1. Sistem Ekonomi pasar

Ciri-ciri sistem ekonomi pasar :

  • Setiap orang bebas memiliki barang, termasuk barang modal
  • Setiap orang bebas menggunakan barang dan jasa yang dimilikinya
  • Aktivitas ekonomi ditujukan untuk memperoleh laba
  • Semua aktivitas ekonomi dilaksanakan oleh masyarakat (Swasta)
  • Pemerintah tidak melakukan intervensi dalam pasar
  • Persaingan dilakukan secara bebas
  • Peranan modal sangat vital

2. Sistem Ekonomi Liberal

Ciri-ciri sistem ekonomi liberal :

  • Semua sumber produksi adalah milik masyarakat individu.
  • Masyarakat diberi kebebasan dalam memiliki sumber-sumber produksi.
  • Pemerintah tidak ikut campur tangan secara langsung dalam kegiatan ekonomi
  • Masyarakat terbagi menjadi dua golongan, yaitu golongan pemilik sumber daya produksi dan masyarakat pekerja (buruh).
  • Timbul persaingan dalam masyarakat, terutama dalam mencari keuntungan.
  • Kegiatan selalu mempertimbangkan keadaan pasar
  • Pasar merupakan dasar setiap tindakan ekonomi.
  • Biasanya barang-barang produksi yang dihasilkan bermutu tinggi.

3. Sistem Ekonomi Tradisional

Ciri- ciri sistem ekonomi tradisional adalah :

  • 1.Teknik produksi dipelajari secara turun temurun dan bersifat sederhana
  • 2.Hanya sedikit menggunakan modal
  • 3.Pertukaran dilakukan dengan sistem barter (barang dengan barang)
  • 4.Belum mengenal pembagian kerja
  • 5.Masih terikat tradisi
  • 6.Tanah sebagai tumpuan kegiatan produksi dan sumber kemakmuran

 

4. Sistem Ekonomi Campuran

Ciri-ciri sistem ekonomi campuran:

  • Kegiatan ekonomi dilakukan oleh pemerintah dan oleh swasata
  • Transaksi ekonomi terjadi di pasar, dan ada campuran tangan pemerintah
  • Ada persaingan serta masih ada control dari pemerintah

5. Sistem Ekonomi Terpusat

Ciri-ciri sistem ekonomi terpusat:

  • sumber alat dan sumber produksi di kuasai negara
  • kebijakan perekonomian di atur oleh pemerintah
  • Jenis pekerjaan dan pembagianjerja diatur oleh pemerintah.

Untuk materi kali ini dicukupkan sekian dulu dan terimakasih…

Sumber: Zonaekis.com, wikipedia

Bahasa Jepang Sehari-hari

Ucapan Selamat
•    Ohayou Gozaimasu    : selamat pagi
•    Konnichi wa               : selamat sore
•    Konban wa                 : selamat malam
•    Oyasumi nasai           : selamat tidur
•    Omedetou Gozaimasu: Selamat
Sedikit percakapan dalam bahasa Jepang
A    : Ohayou  Gozaimasu .
B    : Ohayou….
A    : A-san Ohisashiburidesu ne .
Ogenki desuka.
B    : Hai,, Okagesamade..
Anata desuka.
A    : Mata, Okagesamade genki desu.
Anata no gakkou wa doko desuka.
B    : Watashi no gakkou wa kuningan dai ichi kokoritsu kotogakko desu.
A    : aa.. Soudesuka.
Silahkan translate sendiri..
Selanjutnya ada kebiasaan siswa Jepang saat Guru datang adalah berdiri, mengucapkan salam dengan menghormat kepada guru dan duduk kembali. Seperti yang dicontohkan dibawah ini,
Ketua kelas : Kiritsu                        (Berdiri)
Rei.                         (Beri hormat).
Para siswa   : Ohayō gozaimasu.     (Selamat pagi).
Guru            : Ohayō gozaimasu.     (Selamat pagi).
Ketua kelas  : Chakuseki.                (Duduk)

UNGKAPAN DI DALAM KELAS

Yonde kudasai. Bacalah.
………………………………
Kaite kudasai. Tulislah.
………………………………
Kiite kudasai. Dengarkanlah.
………………………………
Shizuka ni shite kudasai. Tenanglah/jangan ramai.
………………………………
Ganbatte kudasai. Berusahalah/bersemangatlah.
………………………………
=> Hai, ganbarimasu. Ya, saya akan berusaha.
………………………………
Wakarimashitaka? Apakah sudah mengerti?
………………………………
=> Hai, wakarimashita. Ya, sudah mengerti.
………………………………
=> Iie, mada wakarimasen. Belum mengerti.
………………………………
Shitsumon ga arimasuka? Apakah ada pertanyaan?
………………………………
=> Hai, arimasu. Ya, ada.
………………………………
=> Iie, arimasen. Tidak ada.
………………………………
Sensei, shitsumon ga arimasu. Pak/bu guru, saya ada pertanyaan.
………………………………
Jugyō wa owarimashita. Pelajarannya telah selesai.

 

Salad Buah


Bahan-bahan:
1.    1 buah jeruk Sunkist, kupas, potong-potong
2.    100 gram strawberry, potong-potong
3.    1 buah pir hujau, potong-potong
4.    100 gram aggur merah, potong dua
5.    10 sendok makan mayonnaise
6.    4 sendok makan susu kental manis
Cara Membuat Resep Masakan Salad buah Special:
1.    Campur jeruk, strawberry, pir, kiwi, anggur dalam sebuah mangkuk. Simpan dalam lemari es.
2.    Campur mayonnaise dan susu kental manis. Aduk rata.
3.    Tuang campuran mayonnaise ke dalam campuran buah. Aduk rata.
4.    Sajikan dengan taburan keju parut lebih enak.

Sumber: Resep masakanmu.com

Pizza :)

 

Ini dia, resep pizza yang katanya lebih enak dari Pizza Hut… 🙂
Bahan-Bahan Pizza :
Roti :
•    500 gram tepung terigu protein sedang
•    1/2 sendok teh garam
•    1 sendok makan ragi instan
•    250 gram air hangat
•    2 sendok makan minyak zaitun
Saus Pizza :
•    1 buah bawang bombay, cincang halus
•    1 siung bawang putih, cincang halus
•    2 sendok makan minyak zaitun
•    200 gram tomat, diparut
•    400 gram tomat kaleng – bisa diganti dengan 5 buah tomat, direbus lalu diparut
•    50 gram pasta tomat
•    1 sendok teh garam
•    1/2 sendok teh gula pasir
•    1 sendok teh basil
•    2 sendok teh oregano
Topping :
•    100 gram daging, cincang dibentuk bulat kecil
•    100 gram daging ayam, cincang dibentuk bulat kecil
•    1/2 buah bawang bombay, iris bulat tipis
•    1/2 buah paprika hijau, potong kotak
•    1/2 buah paprika merah, potong kotak
•    50 gram daging asap, potong kotak
•    50 gram jamur kancing iris tipis
•    1 sendok teh oregano
•    100 gram keju mozarella
•    2 sendok makan minyak zaitun
Cara Memasak Pizza :
Membuat Roti :
1.    Ayak Tepung terigu, lalu campurkan dengan garam, ragi instan
2.    Masukkan air hangat dan minyak zaitun sambil diuleni selama 10 menit, bulatkan adonan
3.    Diamkan adonan selama 15 menit. Giling lalu masukkan dalam loyang pizza diameter 24 cm yang telah     dioles minya zaitun
4.    Adonan siap ditutup topping
Membuat Concase :
1.    Panaskan minyak zaitun. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu selama 5 menit
2.    Masukkan tomat parut, tomat kaleng, dan pasta tomat. Masak sampai kental sambil diaduk sampai meletup-letup
3.    Masukkan garam, gula, oregano, dan basil. Aduk sebentar lalu angkat dan dinginkan.
Cara Membuat :
1.    Panaskan Minyak Zaitun, tumis daging cincang dan ayam cincang sampai berubah warna, angkat. Campur dengan concase. Aduk rata.
2.    Tipiskan kulit pizza, oleskan minyak zaitun dan concase.
3.    Taburkan bawang bombay, paprika hijau, paprika merah, daging asap, jamur oregano, dan keju mozarella.
4.    Oven Selama 20 menit dalam suhu 200 derajat celcius.

Sumber: Resep Masakan Indonesia

Fisik Rasulullah SAW.

•    Beliau Rasulullah saw. Berwajah tampan
“Rasulullah saw.  adalah manusia yang paling tampan dan paling baik kondisi fisiknya; tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek.” (Mutafaq ‘Alaih)

•    Beliau saw. Berkulit putih dan berwajah bersih
“Rasulullah saw. itu berkulit putih dan berwajah tampan.” (HR. Muslim)

•    Beliau saw.  Berbahu lapang serta  berjanggot dan berambut lebat
“Rasulullah saw. memiliki postur  tubuh ideal, bahu yang lapang, berjenggot lebat dan pangkalnya kemerahan, berambut  lebat  sampai  cuping telinga. Aku pernah meliaht beliau saw berpakaian merah, belum  pernah kulihat orang lebih tampan dari beliau.” (HR. Bukhari)

•    Kepala, tangan, dan kaki beliau saw. Besar
“Rasulullah saw. memiliki  kepala, dua tangan dan kaki yang besar-besar, berwajah tampan, belum pernah kuliaht orang seperti  beliau  sebelum dan sesudahnya.” (HR. Bukhari)

•    Wajah beliau saw. Seperti matahari dan bulan berbentuk bulat. (HR. Muslim)

•    Wajah beliau saw. Ketika bergembira
“Bila Rasulullah saw. Sedang bergembira, wajah belau terlihat cerah seperti bulan dan kami tahu hal itu.” (Mutafiq ‘Alaih)

•    Mata beliau saw.
“Rasulullah saw. Tidak tertawa kecuali sekedar tersenyum, bila kamu melihatnya akan berkomentar mata beliau bercelak, padahal beliau tidak memakainya.” (HR. Tirmidzi hadits hasan)

•    Tawa beliau saw.
“Saya belum pernah melihat Rasulullah saw. Tertawa terbahak-bahak sampai terlihat langit-langit mulutnya, tertawanya hanya tersenyum.” (HR. Bukhari)

•    Keelokan wajah beliau saw.
“Saya pernah melihat Rasulullah saw. Pada malam bulan purnama, aku melihat Rasulullah saw. Lalu melihat bulan, sedangkan beliau menggunakan pakaian merah. Menurutku beliau lebih elok dari pada bulan.” (HR. Tirmidzi. Hadits hasan gharib. Disahkan oleh Al-Hakim dan disepakati oleh Adz-Dzahabi)

Sumber: Buku Pribadi dan Akhlak Rasul

Bahasa Gahool

Bahasa,,,, bahasa yang seseorang gunakan untuk berkomunikasi sangat mencerminkan bagaimana karakter dirinya, tergantung bagaimana cara dia menyampaikan apa yang dia ingin sampaikan dengan bahasanya yang digunakannya. Jika seseorang ingin meniru bahasa para ilmuan tapi dia tidak memiliki ilmu yang sama atau setara dengan para ilmuan tersebut, maka bahasa yang keluarpun akan berbeda,, Seperti halnya bahasa” yang sering digunakan anak remaja sekarang, bahasa yang dipergunakan memang tidak lagi memikirkan tata pola berbahasa, tetapi gaul atau tidaknya bahasa yang digunakan, Saat ini saya akan menulis beberapa bahasa gahool yang seringkali dipergunakan anak remaja baik yang berupa singkatan-singkatan yang biasanya digunakan untuk SMS,, diantaranya :
•    @          : At
•    2L8        : Too Late
•    2nite      : Tonight
•    2moro    : Tomorrow
•    4L          : Lo Lagi Lo Lagi
•    7an        : Tujuan
•    Abas      : Anak Basket
•    ABCD     : Aih bo cape deh
•    ABCDE   : Aku bilang cinta dia enggak
•    AGUS     : Anak Gaul Unjuk Smail
•    Aids        : Anak Imut Dengan Sejuta Pesona
•    Adis        : Anak disko
•    Aq           : Aku
•    ASAP      : As Soon As Possible
•    ATM        : Agak Telat Mikir
•    Autis       : Gak mau diganggu
•    AW         : Anak Warteg
•    B2          : Berdua
•    B4          : Before
•    Bakiak    : Bau Ketiak
•    Basbang  : Basi Banget
•    Bc          : Baca
•    Bcc        : Banyak cin cong
•    Boke      : Botak Keren
•    Boljug     : Boleh Juga
•    Bro         : Brother/ Sahabat
•    BT          : Butuh Tatihtayang
•    CU          : See You
•    Cabs       : Cabut (pergi)
•    Capcus    : Cabut (pergi)
•    CDMA      : Cape Deh Males Ahh
•    Cembokur : Cemburu
•    Ciamis      : Ciuman Bau Amis
•    Cileduk     : Cinta Lewat Dukun
•    Cilengsi     : Cinta Kelewat Gengsi
•    Cumi        : Gak Asik
•    Dedi Dores: Dengan Diiringi Do’a Restu
•    Delon        : Derita Loe Nek
•    Dodol        : Lemot
•    FLU          : Feeling Lonely uuh
•    Gazebo     : Gak jlz bo
•    Gembul     : Gemuk is Beautiful
•    Golek        : Golongan Orang Jelek
•    Gotcha      : Got you
•    Gr8           : Great
•    GTA          : Gundul Tapi Asik
•    Hbl           : Haus Belaian Lelaki
•    Hbtu         : Happy B’day To You
•    Hbw         : Haus Belaian Wanita
•    Huges      : Hujan Gede disini
•    J/K           : Just Kidding
•    Jahat        : Jatu Cinta
•    Jawi         : Jaga Wibawa
•    Kacang     : Kacih Chayang
•    Kebow      : Kenapa Bow ?
•    Kudet       : Kurang Update
•    Kutikula    : Kurang tinggi Kurang Langsing
•    L8r           : Later
•    Manizer    : Playgirl
•    Maskulin  : Masih Kuliah nih
•    Mujadul    : Muka Jaman Dulu
•    OIC          : Ohh, I see
•    Peres       : Mupeng
•    Rustam Lubis  : Rusak Tampang Luar Biasa
•    Setia        : Selingkuh Tiada Akhir
•    Simpatik   : Simpanse Pake Baju Batik
•    TBC          : Tekanan Batin Cinta
•    Tepar         : Terkapar
•    Titi Kamal  : Hati” Kalo Malam
•    Udin          : Sudah
•    W8           : Wait
•    Wanda      : Wah Ndak Tau
•    Zzzzz        : Ngantuk/ Tidur

Masih banyak lagi sihh sebenernya,,, Cumaa segini dulu ajj dech,, selamat mencoba jadi anak Gahool 😀

Sumber: Komunitas Anak Gaul

Membahas Tabir Mimpi

Mimpi..

Mimpi merupakan bagian dari imajinasi atau tempat penampakan wujud-wujud spiritual, para malaikat dan roh,,

tempat mereka memperoleh bentuk dan figur-figur “rupa penampakan” mereka, mimpi merupakan sesuatu yang Ajiib kata para alim ulama.. jadi ketika mendapat mimpi yang menyenangkan, mimpi tersebut datang dari Allah untuk meberi derajat pada kita, memberikan tanda bahwa ia yang mendapat mimpi itu disayang oleh Allah.. namun ketika mendapat mimpi yang buruk hendaklah kita mengingat-ingat Allah sesungguhnya mimpi yang seperti itu datangnya dari Syetan. Wallahualam…

untuk itu mari menguupas tabirkan mimpi yang biasa :

1. Mimpi bertemu dengan Tuhan,

Hal ini mengandung makna, insyallah . Artinya, segala cita-cita akan dikabulkan oleh Allah SWT. Bisa juga berarti akan mendapat derajat yang tinggi di dunia, disegani oleh orang lain, serta keberuntungan yang besar.
2. Mimpi melihat sosok dirinya sendiri sedang berada di tempat yang berbeda dalam satu waktu

Hal ini mengandung makna bahwa, kita itu sedang memiliki suatu kegalauan dalam mencari suatu jati diri kita. ini sebuah peringatan bahwa tentukanlah tujuanmu, apa yang hendak kamu capai harus segera di tentukan.

3. Mimpi mengandung atau hamil

Hal ini mengandung makna bahwa insyallah, kita akan diberi amanah yang sangat penting, tapi wallahualam apa amanah tersebut. dan bisa juga bermakna bahwa kita itu dipercayai oleh orang-orang di sekitar.

4. Mimpi Bertemu Syetan

Bermimpi melihat hantu atau setan tersenyum. Artinya, akan berumur panjang. Bermimpi dikejar hantu atau setan. Artinya, akan timbul kesalahan.Bermimpi berbicara dengan hantu atau setan. Artinya, kondisi keuangan akan membaik atau meningkat.

5. Mimpi Bertemu dengan Seseorang yang disukai

mungkin cukup sekian tabir mimpi kali ini… semoga bermanfaat. terimakasih.. 🙂